Hanoman, Kera Putih dari Mitologi Ramayana yang Juga Ahli Mata-mata

Hanoman, Kera Putih dari Mitologi Ramayana yang Juga Ahli Mata-mata

Hanoman, Kera Putih dari Mitologi Ramayana yang Juga Ahli Mata-mata

ARDHANA NETWORK - Hanoman adalah tokoh  penting dalam cerita Ramayana dan salah satu dewa  kepercayaan agama Hindu, digambarkan sebagai monyet putih. Ia juga termasuk dalam dunia mitos pewayangan Jawa, Mojokerto bahkan memiliki gua yang berhubungan dengan tokoh mitologi ini. 

Tubuhnya patut dicontoh karena keberanian, kekuatan, dan sosok fisiknya yang kuat. Di India, dia dipuja sebagai dewa pelindung dan beberapa kuil dipersembahkan untuk menghormatinya. 
 Menurut  Serat Pedhalangan, Hanuman sebenarnya adalah epos Ramayana yang asli. Namun dalam perkembangannya, tokoh ini terkadang muncul dalam serial Mahabharata, sehingga menjadi tokoh perantara. 

Aksinya bak  detektif dan agen rahasia dalam cerita Ramayana dan konflik antara Rama, Sita dan Rahwana di kerajaan Alengka. 
 

 Kisah kelahiran Hanoman

 
 Dari Wikipedia, Hanoman adalah anak laki-laki yang lahir dari rahim Anjana, sehingga ia dipanggil "Anjaneya". Ada beberapa versi tentang kelahiran Hanuman sendiri, diawali dengan makanan yang disiapkan oleh Raja Dasaratha, salah satunya dibawa oleh dewa angin Bayu dan jatuh di tempat Anjani sedang bertapa. Saat Anjani memakan buah itu, lahirlah Hanuman. 

Sementara versi lain menyebutkan Dewa Bayu terpesona dengan kecantikan Anjani, lalu memeluknya. Anjani marah karena merasa dieksploitasi. 
 
Namun Dewa Bayu menjawab bahwa Anjani tidak bisa dikotori oleh sentuhan Bayu. Dia memeluk Anjani bukan dari tubuhnya tapi dari hatinya. Bayu pun mengatakan bahwa suatu saat nanti Anjani akan melahirkan seorang putra yang sederajat dengan Bayu dan paling bijaksana di antara kaum vanar. 

Ciranjiwin,  Abadi Yang Mendalam


Dalam mitologi Hindu, Cirawijin adalah delapan makhluk abadi, salah satunya adalah Hanuman. Ketika Hanuman masih kecil, dia mengira matahari adalah buah untuk dimakan, jadi dia terbang ke sana dan ingin memakannya. 
 
Dewa Indra melihat ini dan tertarik dengan keamanan matahari. Untuk mencegahnya, dia melemparkan petir ke Hanuman sehingga monyet kecil itu jatuh dan jatuh ke gunung. 
 
Melihat hal itu, Dewa Bayu menjadi marah dan bungkam. Akibat perbuatannya, semua makhluk hidup di bumi menjadi lumpuh. Dewa Bayu meminta Dewa Bayu untuk membuang amarahnya. Dewa Bayu menghentikan amarahnya dan Hanuman dilimpahkan dengan berlimpah. 
 
Dewa Brahma dan Dewa Indra memberi anugerah bahwa Hanuman kebal terhadap semua senjata dan kematian hanya datang atas kehendaknya sendiri. 
 

Rama dan Sinta 


Semula Hanoman adalah prajurit Sugriwa yang ditugaskan untuk menyelidiki Rama dan Laksamana yang tiba di Kiskenda. Hanuman menyamar sebagai seorang Brahmana. Berdasarkan hasil penyelidikan, Hanoman meyakini bahwa Rama dan Lakshmana memiliki tujuan yang mulia dengan pergi ke Kiskeda dan bukan dalam rangka permusuhan.  

Setelah mengenal Rama, Hanoman tiba-tiba diberi tugas penting oleh Sugriwa untuk membantu Rama. Wajar saja, ia bertugas menyelidiki keberadaan Sita yang hilang. 
 
Hanoman, Anggada, Nila, Jembawan dan lainnya pergi mencari  Sita. Setelah  berbagai petualangan, Hanoman dan wanara lainnya di kerajaan Alengka. 
 
Kerajaan itu diperintah oleh seorang raja raksasa bernama Rahwana. Para Wanara bersyukur mendapat informasi dari Sempati, lalu mereka mencari jalan menuju Alengka.  

Menjadi agen rahasia  Alengka


Hanoman teringat akan kekuatannya dan terbang melintasi lautan untuk mencapai Alengka. Masuk ke sana, dia menyamar sebagai monyet kecil dan mencari Sita. 
 
Dia melihat Alengka sebagai benteng  yang kuat dan kota yang dijaga  ketat. Dia melihat penduduk melantunkan mantra Weda dan himne kemenangan untuk Rahwana. 
 
Namun tidak jarang melihat orang dengan wajah kejam dan jelek penuh dengan senjata. Kemudian dia datang ke istana Rahwana dan melihat wanita cantik yang tak terhitung jumlahnya, tetapi dia tidak melihat Sita yang malang. Setelah melihat-lihat, dia memasuki  taman yang belum pernah dia jelajahi sebelumnya. Di sana dia melihat seorang wanita berwajah sedih dan muram yang dia yakini sebagai Sita. 

Hanuman kemudian melihat Rahwana merayu Sita. Ketika rayuan Rahwana gagal  dan  meninggalkan Sita, Hanuman mendekati Sita dan memberitahukan tujuan kedatangannya. 
 
Awalnya Sita ragu, namun keraguan Sita hilang saat Hanoman menyerahkan cincin itu kepada Rama. Hanoman pun berjanji bantuan akan segera tiba. Hanuman menyarankan agar Sita terbang bersamanya ke  Rama, tetapi Sita menolak. 
 
Ia mengira Rama akan datang sebagai ksatria sejati dan datang ke Alengka untuk menyelamatkan diri. Kemudian Hanuman meminta anugerah dan berpamitan pada Sita. Sebelum pulang, ia menghancurkan taman istana Rahwana di Asoka. Membunuh putra Rahwana, membakar Alengka 
 
Dia membunuh ribuan tentara termasuk prajurit pilihan Rahwana seperti Jambumali dan Aksha. Akhirnya Indrajit, putra sulung Rahwana sekaligus putra mahkota kerajaan Alengka, menangkapnya dengan senjata Brahma Astra. 
 
Senjata itu melilit tubuh Hanuman. Tapi kekuatan Brahma Astra hilang ketika bergabung dengan pasukan tali jerami raksasa. Indrajit marah dan frustasi karena Hanuman bisa melepaskan Brahman Astra  kapan saja namun Hanuman tidak bereaksi karena menunggu saat yang tepat.  Ketika Rahwana hendak menghukum mati Hanuman, adik Rahwana Wibisana memohon agar hukuman Hanuman diringankan karena Hanuman adalah seorang utusan. 
 
Rahwana menghukum Hanuman untuk membakar ekornya. Melihat hal tersebut, Sita berdoa agar api yang membakar ekor Hanoman menjadi dingin. 
 
Saat doa Sita kepada dewa Agni terkabul, api yang membakar ekor Hanuman menjadi dingin. Dia kemudian memberontak dan membebaskan Brahma Astra yang mengikatnya. Dia membakar kota Alengka dengan api ekornya seperti obor. Kota Lanka menjadi lautan api. Setelah membuat api besar, dia menceburkan diri ke laut untuk memadamkan api di ekornya. 
 
Penghuni surga memuji keberanian Hanuman dan mengatakan bahwa selain tempat tinggal Sita, kota Alengka terbakar. Membawa kabar baik, Hanuman mendatangi Rama dan menceritakan tentang Sita. Setelah itu Rama mempersiapkan pasukan wanara untuk menyerang Alengka. 

Kehidupan berikutnya 

 
Ketika pertempuran besar melawan Rahwana usai, Rama  memberikan hadiah kepada Hanoman. Namun Hanoman menolak karena ia hanya ingin  Sri Rama tinggal di  hatinya. Rama memahami tujuan Hanuman dan mendiami tubuhnya secara mental. Akhirnya Hanoman pergi ke puncak gunung untuk bertapa untuk berdoa bagi keselamatan dunia.  Pada zaman Dwapara Yuga, Hanuman bertemu dengan Bhima dan Arjuna dari sekitar istana Hastinapura. Dari pertemuannya dengan Hanuman, Arjuna menggunakan lambang Hanuman sebagai bendera keretanya  saat Bharatayuddha.
Load comments